Header Ads

Kopi Arabika Kalibening Banjarnegara Juarai Festival Kopi Nusantara di Bondowoso

KEDHANAKEDHINICOFFEE.COM - Banjarnegara yang sekarang sudah mulai banyak perkebunan kopi, kembali menunjukan, kembali membuktikan bahwa potensi dan kualitas kopi yang dimiliki Banjarnegara patut diperhitungkan. Terbukti dengan kopi Arabika Kalibening, Banjarnegara yang baru saja menjuarai gelaran Festival Kopi Nusantara 2017 yang digelar di Bondowoso, Jawa Timur pada bulan Agustus 2017 kemarin.
Thropy, Sertifikat dan 1 Kemasan Kopi Arabika Kalibening, Banjarnegara


Dalam sebuah situs yaitu timesindonesia.co.id , tertulis berita seputar Festival Kopi Nusantara tersebut, berikut tulisannya :

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ajang Festival Kopi Nusantara yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Bondowoso berhasil membuktikan bahwa seluruh masyarakat dari Sabang sampai Merauke bisa berkumpul dan menjalin persaudaraan lewat sebuah kopi. Festival Kopi Nusantara 2017 ini merupakan kedua kalinya diselenggarakan oleh Pemkab Bondowoso yang masuk dalam rangkaian Ijen Festival 2017. Dari event ini, ada tiga kategori yang dilombakan, diantaranya Specialty Coffee Competition, Brewing and Blending Competition serta Roasting Competition. Untuk kopi Arabika Spesial terbaik, diraih oleh perwakilan Banjarnegara, Propinsi Jawa Tengah, sedangkan Robusta Spesial terbaik, diraih oleh Sumba, Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Kategori Roasting Competition, Juara pertama adalah Aditya Cita yang mengoleksi 55,8, kedua Emir Yusuf yang memperoleh 55,5 poin serta Wahyu Ramadhan dengan 53,2 diposisi ketiga. Di Brewing and Blending Competition, Wahyu Aribowo seorang Barista asal Banyuwangi menjadi yang terbaik mengalahkan wakil Yogyakarta dengan nama Reski Yuniar serta Fridi As Siddik yang merupakan wakil dari Banjarmasin. Menutup acara Festival Kopi Nusantara 2, Amin kembali menegaskan komitmennya untuk menjadikan Bondowoso sebagai salah satu penghasil kopi terbaik di dunia. Ia juga mengajak seluruh pelaku industri perkopian dari hulu hingga hilir untuk bersama-sama memajukan Bondowoso lewat kopi dan berbagai potensi unggulan daerah yang lain. "Semangat para petani kopi dan anak-anak muda, mari kita terus memajukan kopi Bondowoso dan kopi Nusantara," ucapnya.
sumber gambar instagram : apeki.bondowoso

Dalam tulisan tersebut, tertulis "Untuk kopi Arabika Spesial terbaik, diraih oleh perwakilan Banjarnegara, Propinsi Jawa Tengah", sungguh menjadi sebuah kebanggan untuk Banjarnegara karena kopi Arabika Banjarnegara kembali berkibar di kancah perkopian Indonesia. Semoga dengan menjadi juara pertama ini, semakin membakar semangat petani kopi di Banjarnegara untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kopi Banjarnegara.


Nah penasaran dengan berita tentang kopi kalibening Banjarnegara yang menjadi juara di Festival Kopi Nasional Bondowoso, akhirnya kami dari kedahanakedhinicoffee.com mencoba mencari info lebih lengkap tentang kopi Kalibening tersebut, lebih tepatnya kami mencari tahu siapa yang membawa ke festival kopi Nasional tersebut. Alhasil setelah beberapa waktu mencari informasi, muncul info secara tidak sengaja ketika kedhanakedhinicoffee.com mampir ke salah satu kedai kopi di Banjarnegara yaitu serabine.co yang terletak di dekat Balai Budaya Kabupaten Banjarnegara.

Sertifikat Juara 1 Festival Kopi Nusantara 2017 yang digelar di Bondowoso
Nah kami ketemu Mas Galih dari serabine.co dan juga kopiresmi, ternyata beliaulah yang membaha kopi Arabika Kalibening tersebut ke festival kopi Nusantara 2017 yang kabarnya diikuti oleh 64 kopi Arabika dari penjuru Nusantara. Untuk skor atau nilai yang didapat oleh kopi Arabika Kalibening Banjarnegara adalah sebagai berikut :
Skor untuk kopi Arabika Kalibening, Banjarnegara

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.