Header Ads

Ngopigunung, Sensasi Ngopi di Tempat Kopi ditanam dan dirawat

KEDHANAKEDHINICOFFEE.COM - Kopi Banjarnegara baik arabika paupun robustanya kini sudah mulai dikenal di kalangan umum baik di tingkat lokal maupun nasional. Dalam rangka menggenjot potensi perkopian Banjarnegara beberapa pegiat desa dan pegiat komunitas menggelar sebuah hajatan bejudul 'Ngopi Gunung' dengan tagline "ngopi dimana kopi itu ditanam".

Baca juga Kopi Arabika Kalibening Banjarnegara Juarai Festival Kopi Nusantara di Bondowoso




Gelaran ngopi gunung ini adalah sebuah cara menikmati kopi yang cukup seru karena kita akan diajak menikmati kopi, menginap di rumah warga, berkunjung ke kebun kopi dan tentunya lengkap dengan paket hiburan yang sudah disiapkan oleh kawan-kawan penyelenggara. Beberapa rangkaian kegiatan seperti cupping beberapa kopi lokal Banjarnegara, trekking bukit sikopel, jelajah kebun kopi, street photo hunt, pentas seni tradisi, hiburan musik akustik (kopikustik), meet up kawan-kawan local guide Banjarnegara, meet up Jaringan Radio Komunitas Jawa Tengah dan berbagai kegiatan menarik lain akan dikemas dari tanggal 9 hingga 10 Desember 2017 bertempat di kampung Babadan, Pagentan, Banjarnegara.

ngopi gunung banjarnegara
e-flayer Ngopi Gunung


Ngopi Gunung ini adalah agenda perdana, beberapa penggagasnya adalah mereka yang sudah sering kali mengadakan kegiatan yang melibatkan (gotong royong) warga desa, beberapa gelaran seperti Jazz Atas Awan, Keroncong Serayu dan Gumelem Ethic Carnival adalah bukti dari hasil gotong royong yang beliau beliau sudah lakukan secara konsisten dan tentunya luar biasa. Jadi, walaupun ini gelaran perdana, tak perlu diragukan untuk konten acara dan jalannya acara, sudah tak perlu dipertanyakan lagi, pastinya apik dan seru ! jika kalian masih tidak percaya kalau acara ini bakal seru, silakan buktikan di tanggal 9 Desember 2017 nanti, datang dan jadilah bagian dari suksesnya gelaran Ngopi Gunung tersebut.

Ada ratusan cup kopi gratis yang akan dibagikan dalam gelaran tersebut, jadi tak usah khawatir kalian yang akan berkunjung ke gelaran ngopi gunung. Untuk info lengkap seputar gelaran Ngopi Gunung, kalian bisa pantau linimasa mereka di twitter @ngopigunung , instagram @_ngopigunung_ dan laman ngopigunung.com.

Ihwal Ngopi Gunung

( sumber : ngopigunung.com )

Membicarakan kopi nampaknya tak berujung, dengan beragam cabang bahasannya. Mulai dari bicara sejarah (tanaman) hingga soal proses dan penyajiannya nampak cukup referensi yang bisa kita baca. Ihwal aktifitas meminum kopi yang lebih sering dilafal dengan ngopi mendapat urutan aktifitas yang cukup populer sejak dari kalangan pinggir jalan hingga pembicaraan bisnis penting,  ngopigunung berkehendak menjadi salah satunya.

Banyak pegemar kopi tidak faham betul darimana kopi-kopi enak tersebut berasal apalagi jika sebagian besar hanya mendapatkannya dari warung-warung di kampung. Penikmat kopi yang sudah memasuki tingkat lebih lanjut kerap mendengar banyak istilah per-kopi-an entah dari soal asal usul kopi maupun cara seduhnya.

Bicara soal asal usul kita kerap mendengar istilah single origin, kopi specialty dan kopi komersial. Kopi single origin bisa dideskripsikan sebagai asal muasal suatu kopi berasal, jika kopi specialty akan dijelaskan asal usul kopi hingga detail terkecilnya, sementara kopi komersial biasanya hanya akan disebutkan darimana benua asalnya. Dari kisaran 70 jenis species kopi di muka bumi ini namun setidaknya hanya ada dua yang paling populer ditelinga kita yaitu kopi arabika dan robusta dengan masing-masing varietasnya.

Ngopigunung digagas awal (oleh Novi Ali Nurmansyah dan Budhi Hermanto, 2016¹) menjadi aktifitas ngopi yang tak selalu harus bicarakan kopi, meski dikehendaki menjadi ajang mencicipi kopi di daerah asal kopi single-origin ditanam dan bersama komunitas setempat membalutnya dengan kegiatan kreatif maupun budaya yang mungkin bisa disertakan.

Yang jelas secara sederhana begini, negara kita adalah salah pengasil kopi terbaik. Kita harus mencicipinya, sudah itu saja.

Salam kopi hitam,

¹ : adalah penikmat kopi seadanya dan bukan ahli kopi.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.