Mahaprau Project Upaya Melestarikan Alam

Mahaprau Project Upaya Melestarikan Alam

KEDHANAKEDHINICOFFEE.COM - Tahun 2020 ini Kedhana Kedhini Coffee mulai aktif lagi menulis di blog ini. Setelah beberapa waktu vakum dan artikel di dalamnya banyak yang tidak terselamatkan, kini kami mulai menulis sedikit demi sedikit tentang kopi. Sebagai salah satu blog tentang kopi yang ada di internet, kali ini kami ingin bercerita tentang sebuah upaya pemuda di dataran tinggi dieng yang menjaga kelestarian alam dengan menanam pohon kopi. Mahaprau Project, sebuah proyek yang digagas para pemuda Dieng Kulon yang peduli dengan lingkungan tempat mereka tinggal yaitu dataran tinggi Dieng.
Mahaprau Project Kopi Arabika Dieng
sumber gambar: IG @mahaprauproject

Apa itu Mahaprau Project?

Mahaprau Project adalah sebuah program konservasi mandiri di desa Dieng Kulon oleh para pemuda di kawasan dataran tinggi Dieng. "Kami mengajak semua pihak dapat terlibat dalam program gotong royong ini, sebagai wijud rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa dan juga alam yang telah memeberi banyak perlindungan kepada kita, mari dukung program 1juta pohon di Gunung Prau Dieng" tulis Mahaprau Project di unggahan perdana akun instagram mereka @mahaprauproject

Apa Tujuan Dibuatnya Mahaprau Project?

Kami dari tim kedhanakedhinicoffee.com beberapa waktu lalu sempat bertemu dengan salah seorang yang termasuk orang penting di Mahaprau Project tersebut. Kami ngobrol banyak soal kopi Arabika yang sedang ditanam di area Gunung Prau, Dieng. Kopi selain sebagai salah satu tanaman produktif yang dapat dinikmati hasilnya, menanam pohon kopi di wilayah datarang tinggi Dieng merupakan sebuah gerakan yang ikut membantu melestarikan alam. Mengapa begitu? ya, coba kita bayangkan jika di daerah dataran tingi Dieng sudah tidak ada lagi pohon-pohon kuat yang dapat menjadi resapan air? Tentu ini sangat membahayakan, mungkin sangat riskan terjadinya longsor atau bencana alam lain.

Jadi upaya yang dilakukan oleh Mahaprau Project ini merupakan langkah yang mereka tempuh dalam kegiatan konservasi alam. Selain itu harapannya juga menjadi salah satu sumber mata pencaharian (bertani) bagi pemuda wilayah Dieng. Kami dari Kedhana Kedhini Coffee pun sedang punya proyek kecil tentang upaya penanaman tanaman kopi. Kami mencoba menanam beberapa tanaman kopi robusta di kebun kami, di daerah Kecamatan Banjarmangu, Kabupaten Banjarnegara. Dengan bertemunya kami tim kedhanakedhinicoffee.com dan salah seorang dari Mahaprau Project, membuat kami semakin yakin dan semakin bersemangat untuk merawat tanaman kopi kami.

Buah Pertama Kopi di Mahaprau Project

Belum lama ini, kami mendengar kabar bahwa tanaman kopi arabika yang ditanam oleh Mahaprau Project sudah berbuah. Bulan oktober menjadi saksi kopi pertama yang berbuah di ketinggian tanah 2100 mdpl. Semoga dengan berbuahnya kopi yang ditanam oleh Mahaprau Project menjadi penanda bahwa ke depan akan semakin baik proyek ini.

Kopi Arabika Dieng dari Mahaprau Project
Buah kopi pertama dari Mahaprau Project | sumber gambar IG @mahaprauproject

Mungkin cukup sekian tulisan kami tentang Mahaprau Project Upaya Melestarikan Alam. Terimakasih kami ucapkan kepada kalian yang sudah berkunjung ke blog Kedhana Kedhini Coffee. Jika berkenan ikuti beberapa akun sosial media kami di bawah ini:
Twitter: @blogkopi

Posting Komentar

0 Komentar